Jumat, 12 Agustus 2011

REFINING SERVICE

REFINING SERVICE
Secara singkat, proses pemurnian emas dan perak di gambarkan sebagai berikut :
Dore/scrap yang mengandung kadar perak tinggi yang berasal dari Tambang atau dari fabricant perhiasan dilebur dalam dapur (furnace) pada temperature 1.2000 C untuk dilakukan sampling dan dicetak menjadi Anode dore / bullion yang disiapkan untuk proses elektrolisis dalam media asam nitrat.
Hasil elektrolisis adalah kristal-kristal perak murni yang selanjutnya dicuci, dilebur dan digranulasi menjadi butiran-butiran kecil (granul) yang siap dipasarkan ataupun di eksport. Sedangkan bullion/scrap yang memiliki kadar emas tinggi akan langsung dilebur di Induction Furnace dan dilakukan proses Chlorinasi.

Output dari proses ini berupa anode emas, diproses secara electrorefining untuk menghasilkan emas murni dengan kadar 99,99%. Selanjutnya hasil proses pemurnian ini dicetak menjadi emas batangan (gold bar) atau menjadi emas murni granules. Proses pemurnian di UBPPLM menggunakan teknologi yang cukup handal dan melakukan praktek operasi yang berstandar Internasional, hal ini dibuktikan bahwa produk akhir berupa emas batangan (gold bar) diakui secara Internasional dengan diperolehnya sertifikasi LBMA (London Bullion Market Association) dan masuk dalam Good Delivery List of Acceptable Refiners of Gold Bars sejak tanggal 01 Januari 1999.
Khusus untuk Pemurnian Platina, Feed atau masukan berasal dari tambang berupa Scubben (Concentrate) atau berupa platina rongsok (scrap platina) yang berasal dari industri dan Laboratorium analisa.
Sedangkan proses pemurniannya menggunakan metode pemurnian hydrometallurgy.
Produk Hasil Pemurnian
Produk akhir yang dihasilkan antara lain :
* Emas Batangan dan Emas Granules berkadar 99,99%
* Perak Murni Granules berkadar 99,95%, dan;
* Platina Murni berkadar 99,5%
Jasa Pemurnian (Refining) UBPP Logam Mulia :
1. Handal : Metode yang terakreditasi, berpengalaman dan transparan.
2. Presisi : Memilki integritas, akurasi yang tinggi, sampling yang hati-hati, dan prosedur yang ketat.
3. Quality : Beroperasi dengan Sistem Manajemen ISO 9001, 14001 dan ISO 17025.
4. Delivery Time : Proses Delivery yang bersaing dan tepat waktu.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More