Rabu, 07 September 2011

Mengenal dan Melihat Persaingan Dunia Bisnis Retail Indonesia...


Mengenal dan Melihat Persaingan Dunia Bisnis Retail….

Indomaret, Alfa Maret, Alfa Midi, Carefour siapa yang tidak mengenal contoh pemain retail kelas wahid ini. Bisnis retail mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan naiknya daya beli masyarakat Indonesia. Sadar atau tidak, bisnis retail telah menjadi sebuah ajang pertempuran yang seru bagi para pelaku bisnis retail. Artikel ini akan mengulas mengenal dan melihat persaingan bisnis dunia bisnis retail. Langsung saja yuk kita ulas.

“Indomaret siapa yang belum pernah ke sana?”
Jawabnya adalah hampir semua orang pernah ke sana.
Duh hari gini siapa sih yang ngak pengen belanja di Carefour atau Indomaret?
Pasti semua pengen ini belanja di sana dengan berbagai alasan. Ada yang karena gengsi, murah, faktor diskon, atau karena pengen nyoba belanja di sana saja.

Gengsi, adalah salah satu alasan mengapa sebagian orang lebih memilih belanja di Carefour dibandingkan di toko grosir milik lokal. “Ah gengsi dong jeng masak belanja di toko kecil, itu mah level pembokat gue?” Mengkinkah ucapan itu ada, jawabnya mungkin saja. Tidak salah memang belanja di tempat grosiran barang retail atau super market memang menawarkan suatu prestise tersendiri.

Aduh capek deh, kalau mengulas bisnis retail kelas kakap pasti tidak akan ada habisnya. Yuk kita lihat Sebenarnya apa saja sih yang sebenarnya menjadi keunggulan toko retail besar dalam menghadai ketatnya persaingan di dunia bisnis retail.

Pertama, para pemain bisnis retail besar memiliki segmentasi pasar yang sudah jelas. Jelas lah bro kalau mereka membidik segmen kelas menengah ke atas. Tentu mereka punya alasan tersendiri. Dan yang jelas itu sudah ditentukan dari sononya.

Keunggulan berikutnya adalah dari sisi kerapian. Wah mas bro and mbak sis, tolong dicatet yo, kalau namanya bisnis retail besar pada umumnya adalah bisnis franchise. Dari sini pasti kita paham yang namanya franchise pasti ada aturan mainnya. Entah itu bentuk outlet, cara pemajangan hingga kerapian toko. Mana ada sih bro, Indomaret yang tokonya acak-acakan? Pasti semua rapi, termasuk pelayan tokonya juga rapi, syukur-syukur yang melayani adalah mbak dan mas – mas yang cantik dan cakep lagi. Itu mah sudah biasa ada den di toko besar.

Faktor berikutnya adalah komplitnya barang dagangan mereka. Mana ada toko retail yang tidak lengkap. Mau cari apa pun di sini sudah ada. Dari belanjaan kebutuhan pribadi hingga kebutuhan rumah tangga ada. Maybe iki adalah alasan sebagian orang belanja di toko retail besar.

Ambil sendiri bayar belakang, adalah salah keinginan konsumen yang memang dipenuhi oleh toko retail besar. Praktis, efisien dan simple. Tu kan mudah bukan dan tidak perlu antri, kecuali pas mbayar apalagi pas malming n tanggal mudah. Pasti toko ini ramai diserbu pengunjung.

Ngak ada senyum daku lari. Itu keunggulan berikutnya dari toko retail besar. Kalau mbak-mbak spg atau pramuniaganya judes pasti banyak pelanggan yang lari. Coba perhatikan dengan seksama, pasti semua pramuniaga di toko retail adalah orang yang murah senyum dan muda plus cantik dan cakep-cakep. Simple karena kalau tidak ada senyuman dan ramah tamah maka tamatlah sudah bisnis Anda. Pihak manajemen pasti berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen sehingga mereka rela membayar tinggi MT (Management Training) untuk membantu meningkatkan standar layanan di toko retail mereka.

Nah lo, lantas apa semua toko retail memiliki itu semua? jawabnya ya. Lantas apa yang membedakan satu toko retail dengan toko retail lainnya?
Gampang kok untuk mbedainnya, chek this. Dari segi barang yang dijual, bentuk toko, cara pemajangan toko retail hingga diskon yang ada.
Pengen tahu lagi, silahkan kunjungi toko-toko retail tersebut dan perhatikan dengan seksama ya. Mangga sami meluncur ke TKP.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More