Rabu, 24 Agustus 2011

AS Beberkan Menteri-Menteri SBY


Bocoran kawat dari Kedubes AS di Jakarta terkait menteri-menteri yang bisa dijadikan …
BERITA NASIONAL LAINNYA
               

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--WikiLeaks kembali beraksi menyinggung soal Indonesia. Dalam bocoran kawat dari Kedubes AS di Jakarta ke Washington tertanggal 23 Oktober 2009, ada analisis mengenai sejumlah menteri yang bisa dijadikan sekutu Amerika Serikat di Indonesia.
"Kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang baru menjanjikan dalam hal kerjasama AS-Indonesia di sejumlah isu penting seperti: ekonomi, kesehatan, lingkungan, dan keamanan pertahanan," demikian dokumen berkode 09JAKARTA1773 tersebut. Dokumen dibuat pada 23 Oktober 2009 pukul 00.05 dengan kategori 'For Official Use Only'.
Menurut Kedubes AS, menteri ekonomi pilihan SBY menjanjikan kelanggengan hubungan AS-Indonesia. Secara khusus, disebutkan Menkeu Sri Mulyani dan Menag Mari Pangestu. "Ini langkah yang disambut baik oleh komunitas bisnis (AS?)," demikian WikiLeaks.
Sementara terhadap Menperin MS Hidayat, dinilai bagus karena latarbelakang dari Kadin. Sementara Menko Perekonomian yang dijabat HAtta Rajasa dinilai secara politik karena dekat dengan SBY. "Bisa dimanfaatkan kekuatan politiknya untuk mendorong sejumlah kebijakan. Tapi (Hatta) tak punya rekam jejak baik dalam hal reformasi," demikian WikiLeaks.

Terkait menteri pertahanan dan menko polhukam, AS menilai sosok Purnomo Yusgiantoro dan Djoko Suyanto cukup tepat. "Purnomo telah bekerjasama dalam isu keamanan, kontraterorisme dan energi dengan kita, sementara Djoko Suyanto dikenal sebagai sosok reformis di militer dan mengenyam pendidikan di AS di Nellis Air Force Base," kata dokumen tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More